Top

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

AKUNTANSI ?

Akuntansi (terjemahan dari kata accounting) yang berarti menghitung. Secara garis besar, akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Uupss jangan takut ya hitungannya tidak seberat MTK, gaya hitungan nya hanya berupa angka-angka sederhan bagaimana kalian menghitung uang, hanya saja memiliki konsep pencatatan nah ini lah yang akan di pelajari di jurusan akuntansi.

Kenapa Harus Jurusan Akuntansi ?

Kenapa sih harus Kompetensi Keahlian Akuntasi? Salah satu faktor yang menentukan ialah kesempatan karier Kompetensi Keahlian Akuntasi dinilai banyak dibutuhkan perusahaan. Kantor mana sih yang nggak membutuhkan staff keuangan ?, dan usaha mana yang tidak butuh tenaga administrasi accountingnya. Dikarenakan accounting itu suatu perkerjaan yang tidak bisa di rakap, yang statusnya sebagai karyawan namun tetap harus mengurusi masalah keuangan.

Yukk kita lihat progress pekerjaan dari Kompetensi Keahlian akuntansi. Kompetensi Keahlian Akuntansi memiliki banyak pilihan karier selain sebagai Tenaga Akuntan, diantaranya adalah:

1. Auditor

Audit keuangan atau audit laporan keuangan merupakan penilaian atau evaluasi atas suatu entitas (organisasi, perusahaan, atau lembaga) sehingga menghasilkan pendapat atau opini yang independen dari pihak ketiga tentang laporan keuangan yang akurat, lengkap, relevan, wajar, dan pastinya sesuai dengan prinsip akuntansi dan aturan yang berlaku.

2. Administrator Pajak

Administrasi pajak merupakan orang orang yang berkerja dalam perhitungan perpajakan, berkecimpung dalam system keuangan perpajakan. Pajak memiliki perhitungan dan pengolaan laporan yang sendiri, diperlukan yang mengerti akuntansi. Baik berkerja di instansi perpajakan pemerintah atau di konsultan pajak.

3. Staff Perbankan

Staaf perbankan merupakan perkerjan di instansi perbankan atau sering disebut pegawai bank, bank membutuhkan orang yang berkompeten dalam akuntansi karena disinilah ilmu akuntansi sangat dibutuhkan di suatu bank.

4. Dosen, Guru Akuntansi atau sering disebut Akuntan pendidik

Mengajarkan akuntansi kepada orang lain itu merupakan salah satu tugas pendidik dalam akuntansi yang dimana ilmu akuntansi yang sudah didapat diasumsikan kepada orang lain.

5. Wirausahawan

Wirausaha juga memerlukan keahlian untuk mengelola usahanya dengan perencanaan yang matang mengenai masalah keuangan yang dimilikinya untuk usahanya, maju mundurnya suatu usaha tersebut tanpa dengan pengelolaan yang baik dalam keuangan tidak akan membentu usaha yang maju dan berkembang.

 

Wahh,, banyak ya peluang ketika kita mengambil Kompetensi Keahlian akuntansi baik untuk berkerja di instansi, konsultan bahkan untuk menjadi wirausaha begitu lah untuknya sesorang yang meiliki pemahaman dan pengetahuan akuntansi dapat memilih Kompetensi Keahlian yang mana saja untuk jenjang karirnya.

Kemajuan Kompetensi Keahlian Akuntansi di era global

Akuntansi zaman dulu berbeda dengan akuntansi yang ada sekarang dan jangan takut untuk mencatat atau membuat pecatatan di buku sebanyak banyaknya sekarang dengan kecanggihan teknologi yang ada pembuatan laporan akuntansi dapat menggunakan program aplikasi yang pengerjaan bisa diminimalisirkan menghemat waktu tenaga, dan fikiran dan laporannya dapat langsung di print begitu senangnya untuk menjadi seorang akuntan. Ada beberapa aplikasi yang digunakan  salah ada aplikasi myob,accuret,zahir. Hanya kita tinggal mempelajari konsep-konsep teori bagaimana pencatatan yang akan dilakukan dengan ilmu akuntansinya.

 

Kami sangat senang saat Anda bergabung bersama kami di SMK Hasanah, Kompetensi Keahlian Akuntansi bisa bekerja dengan baik di dunia kerjanya masing-masing.



Partner :

Talk to us

(0761)38004